CARA PROSPEK (2)

Saat mengawali menjadi agen asuransi pertama kali dulu saya orang yang totally baru di dunia asuransi dan marketing, sebelumnya saya adalah pengajar bahasa Inggris di sekolah dan privat.

Karena saya tidak terbiasa menelfon dan mengajak ketemu orang untuk menjuali sesuatu, saya memulainya dengan bercerita bahwa saya sekarang bergabung menjadi agen asuransi dan sedang belajar presentasi. Saya menanyakan ke beberapa teman dekat saya maukah mereka mendengarkan presentasi saya untuk memberikan input kekurangan saya saat presentasi. Biasanya secara tidak sadar mereka akan bertanya mengenai produk yang sedang saya presentasikan kelebihan dan kekurangannya. kemudian meminta untuk dibikinkan ilustrasinya. Kalau mereka tertarik saat menangkap keuntungan dan benefit yang mereka dapatkan dari prosuk yang saya presentasikan biasanya hal tersebut akan dipertimbangkan. Jangan tergesa-gesa diclosing.

Tanyakan lagi dari ilustrasi yang dibuatkan tadi sudah sesuai dengan keuangan dia belum? jangan sampai memberatkan atau bahkan kurang dari kebutuhannya.

Jika calon nasabah masih  bilang mau baca-baca atau tanya pasangannya, pastikan dia sudah paham betul dengan penjelasan anda, jangan sampai dia bilang mau diskusi atau mempertimbangkan tapi dia belum paham sama sekali dengan penjelasan. Setelah itu anda pamit pulang sambil sampaikan akan menghubungi kembali dalam beberapa hari.

lakukan hal ini berulang – ulang di lingkaran terdalam anda, sahabat, keluarga, teman kerja, sampaikan anda sedang belajar bukan memaksanya ikut program anda. Oh iya masa presentasi jangan lebih dari 20 menit kecuali dia yang aktif bertanya, anda bisa menyelinginya dengan obrolan ringan lainnya, jadi tidak terkesan anda memang berniat sekali mengclosingnya atau mengambil uangnya hari itu juga.

Kalau presentasi anda benar-benar menarik, bisa jadi hari itu juga calon prospek bergabung, selamat mencoba…