Perlukan Menggunakan Asuransi Jiwa Seumur Hidup? Ini Jawabannya

Perlukan Menggunakan Asuransi Jiwa Seumur Hidup? Ini Jawabannya

Top 5 Asuransi Kesehatan di Indonesia, 5 Prinsip Asuransi Kesehatan, 5 Manfaat Asuransi Kesehatan,
Top 5 Asuransi Kesehatan di Indonesia, 5 Prinsip Asuransi Kesehatan, 5 Manfaat Asuransi Kesehatan,

Asuransi jiwa seumur hidup, bisa jadi sebuah pilihan yang tepat bagi sebagian orang. Namun, belum tentu bagi Anda, sebab setiap orang pasti memiliki pemahaman berbeda terkait dengan hal ini. Pada awalnya produk ini mungkin terlihat begitu menguntungkan, namun setelah Anda pahami lebih detail, mungkin saja Anda akan memiliki pendapat yang berbeda terkait dengan hal tersebut. Bahkan beberapa Financial Consultant bersertifikat menganjurkan untuk tidak mengambil asuransi jiwa seumur hidup dengan beberapa alasan.
Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini saat ingijn membeli asuransi jiwa seumur hidup (s.d. usia 99 tahun)

1. Tujuan Asuransi Jiwa

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk, Anda tentu harus paham dengan baik tujuan pembelian yang akan Anda lakukan tersebut. Hal yang sama juga berlaku saat akan membeli produk asuransi jiwa, sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal atas pembelian tersebut.

Sebagaimana asuransi jiwa lainnya, asuransi jiwa ini juga dimaksudkan sebagai bentuk perlindungan keuangan terhadap anggota keluarga (tanggungan) yang dimiliki oleh tertanggung, jika sewaktu-waktu terjadi resiko terhadap diri tertanggung. Hal ini akan menjadi jaminan keuangan bagi keluarga yang ditinggalkan, jika peserta asuransi yang menjadi pencari nafkah tersebut meninggal dunia.

Dalam kondisi tersebut, maka besar kemungkinan keuangan keluarga akan terganggu karena sumber pendapatan hilang, sehingga sejumlah uang pertanggungan ini akan sangat membantu mereka.
Dalam pemahaman di atas, maka asuransi jiwa akan tepat guna jika memiliki dua hal berikut:

  • Ada orang yang harus dilindungi, di mana orang tersebut merupakan tulang punggung / sumber pendapatan bagi keluarganya.
  • Ada keluarga (tanggungan) yang bergantung pada orang yang membutuhkan proteksi tersebut.

2. Biaya Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Pahami dengan benar, bahwa tidak ada layanan asuransi yang gratis, apalagi yang gratis seumur hidup. Meski petugas / sales asuransi seringkali mengiming-imingi produk ini sebagai layanan gratis premi setelah tahun ke 10, namun pada dasarnya akan tetap membayarnya dengan uang Anda.

Dalam layanan asuransi unit link, sebagian dana premi akan diinvestasikan sebagai dana investasi pada beberapa instrumen yang dianggap tepat oleh perusahaan asuransi. Lalu pada tahun ke 11, hasil investasi inilah yang kemudian dibayarkan setiap bulannya oleh perusahaan asuransi sebagai premi asuransi Anda selanjutnya. Jadi, Anda tetap akan membayar sejumlah premi setiap bulannya, bukan gratis.

Namun, di dalam layanan asuransi apapun, jika tidak melakukan pembayaran premi, maka proteksi yang didapatkan juga akan dihentikan. Hal yang sama juga berlaku di dalam investasi unit link yang pada umumnya digunakan menjadi asuransi jiwa seumur hidup.

Jika investasi memburuk dan tidak menghasilkan, maka Anda tetap harus membayar premi, meskipun telah memasuki tahun ke 11 atau setelahnya. Pahami resiko ini dengan baik, agar tidak mengalami kerugian akibat pembelian asuransi tersebut. Tidak ada premi gratis di dalam asuransi jiwa seumur hidup atau asuransi lainnya juga.
Baca Juga : Perhatikan 6 Hal Ini Kalau Ingin Membeli Asuransi Jiwa di Bank

3. Sampai Kapan Anda dan keluarga membutuhkan proteksi?

Sebagaimana fungsinya, asuransi jiwa digunakan untuk memberikan proteksi bagi anggota keluarga yang merupakan tanggungan Anda. Namun, pada usia senja (di atas 90 tahun) bukankah anggota keluarga / anak-anak sudah memasuki usia dewasa dan bahkan mapan di dalam keuangan?

Jika merujuk pada kenyataan tersebut, maka menggunakan layanan asuransi jiwa seumur hidup akan terasa sedikit berlebihan dan tidak lagi memberikan manfaat yang maksimal bagi keluarga yang besar kemungkinan sudah bukan lagi menjadi tanggungan.

Bagi yang memiliki tanggungan, menggunakan asuransi jiwa hingga usia 70 tahun masih tergolong tepat dan memiliki manfaat yang maksimal. Namun, di usia yang sudah sangat senja, sepertinya ini tidak akan memiliki manfaat yang sama lagi, sebab Anda mungkin sudah tidak memiliki tanggungan lagi di usia tersebut. Lalu, untuk apa proteksi yang harus selalu dibayarkan setiap bulan itu?

4. Usia Harapan Hidup

Pertimbangkan juga hal ini, karena bisa menjadikannya sebagai indikasi cerdas dalam mengambil keputusan terkait dengan asuransi ini. Asuransi jiwa seumur hidup akan memberi perlindungan hingga usia 99 tahun, ini tentu usia yang sudah sangat jarang untuk saat ini.

Anda akan membayar premi yang panjang, untuk sebuah layanan yang mungkin tidak akan digunakan dengan maksimal. Saat ini, usia harapan hidup orang Indonesia adalah sekitar 68 tahun untuk pria dan 72 tahun untuk wanita. Anda pasti sampai berapa umur Anda kelak, namun tentu penting untuk memperkirakan hal tersebut dengan membandingkannya pada usia harapan hidup yang ada saat ini.

5. Usia Perlindungan Ideal

Hal ini bisa dilihat atau diperkirakan pada berapa usia harapan hidup orang sekarang, dan juga pada usia berapa kira-kira bisa berhenti memberikan dukungan keuangan pada anak-anak atau tanggungan di dalam keluarga.
Hal ini mungkin saja berbeda-beda untuk setiap orang, sebab orang yang menjadi tanggungan juga bisa jadi memiliki kebutuhan yang khusus atau tidak bisa bekerja selamanya, sehingga akan membutuhkan persiapan keuangan yang khusus untuk hal tersebut.

Namun jika merujuk pada kondisi normal, setidaknya perlindungan asuransi hingga usia 70 tahun sudahlah cukup. Pada saat usia Anda 70 tahun, kemungkinan tanggungan Anda sudah akan mapan dan mandiri secara ekonomi, sehingga mereka bisa menghidupi dirinya sendiri.

Tidak Selalu Tepat dan Sesuai untuk Semua Orang

Produk asuransi jiwa seumur hidup, mungkin menjadi pilihan yang tepat bagi sebagian orang, namun belum tentu tepat bagi Anda. Selalu pertimbangkan berbagai aspek di dalam asuransi jiwa seumur hidup tersebut dengan bijak, sehingga dapat memahami dan juga perhitungan yang tepat atas penggunaannya. Dengan begitu, Anda bisa mengerti dan memilih sejumlah manfaat yang maksimal atas menggunakan asuransi jiwa tersebut.

Konsultasi Asuransi Keluarga

Jika membutuhkan saran mengenai apa jenis asuransi yang dibutuhkan, berapa sebaiknya nilai pertanggungan dan prakiraan premi asuransi, silahkan email ke tikaika.haris15@yahoo.co.id atau WA ke nomor 087787086177
dengan mencantumkan data berikut ini:

  1. Nama Lengkap:
  2. Tanggal Lahir:
  3. Merokok atau Tidak Merokok
  4. Laki – Laki atau Perempuan
  5. No Telpon yang bisa dihubungi (wajib diisi)
  6. Domisili
  7. Tujuan Asuransi: Meninggal Dunia, Cacat, Critical Illness, Kesehatan Individu atau Paket Keluarga (tgl lahir anggota keluarga yang ingin diikutkan disertakan)
  8. Budget untuk Membayar Premi Asuransi (minimum 6 jt dalam setahun )
  9. Catatan: Data – data ini diperlukan karena tanpa itu tidak mungkin kami bisa menyusun saran serta rekomendasi asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *